Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, May 19, 2012

Jagoanku Terkena Flu Singapura

Sabtu siang, jagoanku, Jati Sakha Aditya(2thn 9 bln) badannya tiba-tiba panas. Padahal pagi harinya sang kaka, Athaya Nailal Husna, baru aja periksa ke dokter karena sebelumnya dari hari rabu kena panas juga. Sebetulnya saat Atha periksa saat itu suhu badannya sudah normal, tapi karena dia sehari sebelumnya dia mengeluh sakit nelen & waktu saya periksa di pintu kerongkongannya ada banyak bintik putih kecil berupa sariawan. Kurang lebih ada 4 lah. Karena ingin penyembuhan yg cepat, biar dia nyaman saat makan maka sy & suami bawa dia ke dokter. Sebetulnya klo sariawannya di balik bibir ato dibalik pipi, sy akan olesin albothyl aja. Tapi karena letaknya di pintu masuk kerongkongan, repot dong pasti. Dari dokter pun hanya dikasih antibiotik racikan & vitamin. Entah apa diagnosanya, yg jelas saat ngambil obat di apotek pun Atha sudah kembali ceria. Suhu badannya normal, walopun msh suka ngeluh klo nelen.


Pas siang, sy liat ko jati kaya lemes gt y..? Biasanya nih anak aktif banget ga bisa diem. Sy cek badannya, lah.. panas juga nih.. Sehari itu sy cuma beri tempra parasetamol. Tadinya, Sore itu juga mau di cek k dokter, karena kalo panasnya berkelanjutan besok hari minggu mana ada dokter yang buka. Tapi kami putuskan untuk belum bawa Jati ke dokter karena beberapa jam kemudian panasnya turun. Ya walopun belum sampe normal.

Malamnya panasnya naik lagi. Malah semakin tinggi dari sebelumnya. Rewel pasti.. Repotnya tuh dibujuk buat minum aja susah.. Padahal kan kalo lagi panas gini,anak harus banyak minum. Waktu sy tanya apa lehernya sakit klo nelen, dia bilang ngga.. Tapi ya syukurnya masih mau nelen obat. Dengan segala bujuk akhirnya mau juga minum tapi dengan cangkir aki. Itu istilahnya Jati buat menyebut cangkir tamu yang biasanya dipake nyuguhin air minum buat aki & nnin, kalo akinya berkunjung ke rumahku. Ya walopun sedikit-sedikit masuknya, lumayanlah daripada ngga sm sekali.

Dari malam minggu ampe senin subuh, panasnya tuh naik turun naik turun. Turun kalo udh ada pengaruh obat, tapi turunnya sedikit, ntarnya panas lagi lebih tinggi dr sebelumny. Walopun sy & c ayah wkt kecil, atha & jati alhamdulillah belum pernah step klo panas, tetep aja yg namanya khawatir anak step saat panas tuh pasti ada.Dan klo namanya anak sakit panas, pasti repot lah y..Sy pun ampe ga bisa masak krn Jati maunya nempeel trs. Untung ayahnya sigap turun tangan, bantu nyiapin makanan, nyiapin makan Atha, gantian gendongin Jati dan sebagian tugas yg harusnya dikerjakan sy.. Thx y yah..

Senin subuh, sy jg c ayah terbangun lg krn Jati nangis, badannya panas lg.. Wkt ayah cek kakinya. di telapak kakinya terlihat banyak bintik-bintik merah. Waduh... apa mungkin demam berdarah(DB) y..? Tapi d sikut tangannya ada ky beruntus2 kecil gitu.. Akhirnya pagi hari langsung kita bawa ke rs di daerah pasteur.

Waktu di periksa dokter nanya," temennya ada yg kaya gini ngga..?" Mmh dok, anak sy mah jarang maen keluar rumah.. tapi sy cerita sebelumnya kakany yg kena panas&sariawan.

Dokter tsb bilang, Jati terkena flu singapura ato nama lainnya hfmd, hand foot mouth disease. Setelah terserang panas, daerah mulut, tangan dan kaki muncul ruam-ruam merah yg kemudian menjadi lesi-lesi berair seperti cacar air. karena awalnya mewabahnya di singapura maka disebutnya flu singapura. Flu singapura ini disebabkan oleh virus, jadi flu ini menular terutama pada anak-anak balita. Sedangkan pada orang dewasa biasanya hanya menjadikan orang tsb sebagai pembawa. Karena disebabkan oleh virus maka flu ini belum ada obatnya. Dan dokterpun saat itu hanya memberi resep obat panas sebagai obat suportif & vitamin. Untuk meredakan gatal sy disarankan mengoleskan caladin lotion. Dan si anak harus mandi. Kebersihan badan adalah penting saat terjangkit virus ini.

Dari informasi yg ayah dapat via internet, penyakit ini menimbulkan cukup banyak kematian di singapura. Flu ini dapat menyebabkan radang otak juga mematikan jika kena virus yg bervirulensi tinggi.

Penyakit ini, mempunyai banyak jenis virus. Salah satu virus yang mematikan (sprti yg mewabah di Singapura) adalah Enterovirus 71 . Sedangkan virus yg sering dijumpai di Indonesia biasanya lebih ringan yaitu tipe Coxsackie A  dan Coxsackie B.

Pada flu Singapura setelah anak kena demam 2-3 hari kemudian muncul ruam merah dan lesi-lesi di bagian sekitar mulut, lidah, pipi, tenggorokan. Pada bayi bisa juga di selangkangan, tangan, kaki, dan bokong. Lesi-lesi ini lebih mendominasi dibandingkan dengan batuk dan flunya.

Flu ini lebih sering menyerang anak-anak balita, kemungkinana krn daya tahan tubuh anak balita masih rendah. Orang dewasa juga bisa terjangkit flu ini, tapi biasanya tidak muncul lesi, biasanya seperti flu biasa. Pada orang dewasa diperlukan penelitian laboratorium untuk mengetahui disebabkan virus coxsackie atau virus flu biasa.

Biasanya dalam kurun waktu seminggu sampai sepuluh hari. Penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya.Obat yang mungkin diberikan adalah yang berjenis suportif. Contoh jika panas, beri obat panas. beri obat kumur jika anak sudah bisa berkumur-kumur.

Bila lesi banyak terdapat di mulut tentu anak akan susah saat makan. Krn pasti terasa nyeri. Kita berikan makanan yg lunak, hindari yg asem-asem, berikan yg sifatnya dingin &adem spt buah, jeli. jangan beri makanan hangat krn akan menambah nyeri pada mulut anak. Jika tetap tak mau makan & minum harus diinfus.

Usahakan isolasi anak dari lingkungan rumah dan luar agar tidak menularkan ke anak yang lain. Virus ini bisa menular melalui kotoran, percikan ludah saat batuk ato bersin, atau bila lesinya pecah. Jagalah kebersihan tangan dan badan. Anak juga harus mandi, bila panasnya tidak tinggi. Bila virus ini mewabah di sekolah sebaiknya sekolah diliburkan beberapa hari untuk dibersihkan & anak yg terjangkit harus benar-benar sembuh dulu bila ingin bersekolah.



0 komentar:

Post a Comment