Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, June 16, 2012

Anak Susah Makan? Intinya Menerapkan Schedule Jam Makan

Ini pengalaman saya mengatasi masalah anak susah makan yang ternyata berhasil. Biasanya setiap saya berkonsultasi ke dokter anak jawabannya selalu saja, "Ibu nya yang harus kreatif ibunya yang harus pinter ngebujuk". Yah memang usaha itu mungkin berhasil bagi kebanyakan orang. Tapi, dari yang pernah saya jalankan hasilnya tetap tak memuaskan. Pernah juga saya mencoba saran salah satu dokter,mencoba nyuapin tiap jam. Ato dengan prinsip asal 'yang sehat yg masuk perut'. Tapi hasilnya anak saya tetep ga bisa makan 1 porsinya sampai habis.

Terakhir, saya konsultasi dengan dr Nancy . Beliau menyarankan atur jam makan, minum susu & cemilan. Misalnya bila saat pagi anak tidak mau makan, ya udah simpen piringnya, jangan dipaksa. Nanti anak juga akan merasa lapar sendiri. Begitu juga dengan kebiasaan sering minum susu daripada makan. Kita harus atur jadwalnya. Bila anak minta susu pada saat jam makan, kita jangan buatkan susu untuknya. Kita jelaskan, nak..ini waktunya makan, bukan minum susu. Dan disiplinkan terus kebiasaan tsb. Susu itu kan manis, dia membuat perut lebih lama kenyang. Jadi bila anak diberi minum susu dekat sebelum jam makan, nantinya bila kita suapin makan dia akan memalingkan muka, menolak makan. Itu disebabkan karena anak merasa perutnya masih penuh, belum merasa lapar. Memang pada awalnya anak akan menolak perlakuan kita. Dia pasti rewel. Tapi bila kita tetap disiplin berlakukan jadwal jam makannya, lama-lama dia akan mengerti dan terbiasa dengan jadwalnya tersebut.

Saya lakukan cara seperti itu. Saya atur jam berapa dia makan pagi(sejam sesudah minum susu), makan siang, makan malam, minum susu saya atur bangun tidur pagi, sebelum tidur siang,& sebelum tidur malam. Terus ngemilnya antara setelah makan pagi - sebelum makan siang, & setelah tidur siang.

Memang sih..anak saya awalnya reweel banget. Nangis pengen susuu aja terus. Mana klo nangis suaranya tuh kenceng banget. Tapi saya kuatkan diri untuk 'tega'.. Pada saat jam makan dia minta susu, walopun udh saya bujuk dia tetap merengek minta susu,saya bilang, " Aa..sekarang waktunya makan y sayang..Kalo aa tetep ga mau makan, ibu simpen lagi nih nasinya.. Tapi kalo aa ga makan nasi nanti perut aa laper, badan aa jadinya lemes ga punya tenaga.Maennya pun nanti jadi ga seru deh.. Ibu akan bikinin susu buat aa nanti pas aa mau bobo siang..y sayang..".

Dari yang saya alami, kalo kita konsisten dengan program 'pendisiplinan' ini, si anak akan menyadari, ibunya serius. Dan dia akan berpikir sendiri, "kalo saya minta susu ibu ga akan ngasih, tapi kalo saya ga makan, nanti saya laper saat main." Dan akhirnya dia akan mengerti bahwa ibu ngasih makan jam segini jam segitu tuh penting buat dia.

Nah sekarang, alhamdulillah makannya lebih teratur, & bisa habis juga loh.. Yee..berhasil..! Berhasil..! Horee..
Hehe..

0 komentar:

Post a Comment